REVOLUSI KOMPUTER
1.
REVOLUSI INDUSTRI
Perkembangan
komputer tidak lepas pengaruhnya dari Revolusi Industri pada tahun 1760 di
Inggris. Dengan adanya Revolusi Industri kehidupan perindustrian berubah dari
mekanik menjadi mekanik elektronik bahkan elektronik.Kehidupan manusia berubah
dari masyarakat petani menjadi masyarakat industri.Masyarakat seakan terbangun
dari cara berpikir lama sulit berkembang karena terbentur keterbatasan
teknologi menjadi haus dan berlomba-lomba menguasai teknologi terbaru.
2.
REVOLUSI KOMPUTER
Seiring
dengan revolusi industri yang melahirkan teknologi baru yang tiada henti,
komputerpun mengalami revolusi, dari yang bentuknya sebesar rumah menjadi
sebesar buku. Revolusi komputer belum berhenti seiring dengan terus
ditemukannya teknologi baru untuk membuat komputer
semakin
kecil, ringan, cepat dan murah. Masyarakat industri mulai berubah menjadi
masyarakat informasi. Segala sesuatu yang analog berubah menjadi digital.
Kemunculan Internet merubah pola hidup dan kerja yang individu/lokal menjadi
global/mendunia karena informasi bisa didapat dan diberi dari dan ke seluruh
dunia.
PENJELASAN REVOLUSI KOMPUTER DI MATA PENGGUNA
/ USER DALAM BIDANG APAPUN
Bidang
Pendidikan
Penggunaan
komputer sebagai alat pembelajaran dikenali sebagai CBE (Computer Based
Education). Menurut pendapat Robert Taylor, peranan komputer dalam pendidikan
dibagi menjadi 3 bagian yaitu TUTOR, TOOL dan TUTEE. Sebagai TUTOR, komputer
berperanan sebagai pengajar melalui pendekatan pengajaran berbantukan komputer.
Sebagai TOOL, komputer menjadi alat untuk memudahkan proses pengajaran dan
pembelajaran seperti konteks pengajaran berintergrasikan komputer. Komputer
juga dugunakan untuk melakukan pengolahan data proses pembelajaran, seperti
pengolahan data nilai siswa, penjadwalan, beasiswa, dan sebagainya. Sebagai
TUTEE komputer berperanan sebagai alat yang diajar, dan bisa melakukan Tanya
jawab atau dialog dengan komputer yang biasa disebut dengan CAI (Computer
Assist Instruction).
Sebagai
misal, komputer memberi kemudahan dalam mencari dan menghasilkan bahan-bahan
pembelajaran yaitu dengan adanya perpustakaan elektronik (e-library) atau buku
elektronik (e-book). Dengan adanya Internet kita bisa mencari koleksi
perpustakaan berupa buku-buku, modul, jurnal, paper, majalah, surat kabar, dan
sebagainya. Bahkan kita juga bisa melakukan pembelajaran jarak jauh melalui
internet yang dikenal dengan elektronic learning (e-learning). Bahkan saat ini
di beberapa negera telah menerapkan pembelajarannya lewat internet atau semacam
universitas terbuka. Kita bisa belajar lewat buku-buku atau modul yang
disajikan secara menarik dan selain bentuk teks dan gambar juga bisa
audio-visual yang diberikan lewat internet, atau bahkan secara video conference
(teleconference).
Bidang
Industri dan Manufaktur
Di
bidang industri, komputer dipergunakan untuk mengontrol mesin-mesin produksi
dengan ketepatan tinggi, misalnya CNC (Computer Numerical Contor) pengawasan
numeric atau perhitungan, CAM (Computer Aided Manufacture), CAD (Computer Aided
Design), yaitu untuk merancang bentuk (desain) sebuah produk yang akan
dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik, misal sebuah mesin serba guna
dalam industri metal. Banyak pula mesin-mesin dalam industri garmen dilengkapi
dengan kontrol komputer, misalnya melakukan pewarnaan, membuat border, dan
sebagainnya. Selain itu industri modern saat ini juga memanfaatkan robot yang
secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang
dikontrol oleh komputer yang tidak mungkin dikerjakan manusia. Contohnya tangan
robot dikontrol oleh komputer digunakan untuk memasang komponen-komponen renik
dan chip-chip pada motherboard komputer, memasang komponen-komponen pada
perangakat elektornik seperti televisi, radio/tape, dan lain sebagainya. Bahkan
merakit kendaraan, mobil, motor, atau alat-alat berat lain telah dikontrol oleh
komputer
Bidang
Bisnis dan Perbankan
Di
bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa komputer akan sangat penting
untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidentil dan
menyediakan informasi dengan cepat dan tepat.Sistem Informasi Manajemen (SIM) /
Management Information system (MIS), merupakan sistem informasi yang sudah
banyak diterapkan pada perusahaan yang bergerak bidang perdagangan barang dan
jasa baik pada perusahaan besar, menengah, bahkan perusahaan kecil. Di
perusahaan dagang seperti department store, telah dipergunakan mesin cash
register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kontrol komputer sehingga mesin
tersebut dapat dikontrol oleh pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya secara
cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode barang dagangan, menghitung rugi
laba, inventori dan sebagainya.
Di
bidang perbankan, telah memperkenalkan solusi core banking, seperti Finacle,
yang memberikan solusi bagi bank yang ingin melakukan layanan finansial.
Penghitungan keuangan, bunga, layanan keuangan seperti e-banking, e-cash, ATM,
dan sebagainya merupakan contoh konkrit yang selama ini banyak digunakan di
perbankan.
Bidang
Teknik dan Ilmu Pengetahuan
Komputer
sangat bermanfaat untuk perhitungan-perhitungan yang sulit dan membutuhkan
presisi tinggi yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia. Ini biasanya
digunakan untuk keperluan penelitian dan riset. Para ahli biasanya akan mengadakan
simulasi dengan komputer sebelum menguji coba sesungguhnya dari hasil
temuannya, misalnya membuat model reaktor nuklir, membuat model-model atom dan
molekul. Komputer juga bisa digunakan untuk bidang ilmu pengetahuan alam
misalnya mempelajari keadaan struktur tanah, keadaan angin, cuaca, dan
sebagainya.
Dalam
bidang bioteknologi, peralatan-peralatan kultur telah banyak yang dilengkapi
dengan kontrol komputer untuk mengusahakan ketelitian kerja pada ruang steril.
Pada bidang teknik sipil komputer digunakan untuk menghitung presisi dan
kekuatan kunstruksi bangunan, bidang arsitektur komputer digunakan untuk
mensimulasi gambar-gambar ruang secara tiga dimensi.
Bidang
Penerbangan dan Kemiliteran
Di
bidang penerbangan dan luar angkasa komputer digunakan untuk mengontrol kendali
pesawat menggantikan pilot, menghitung ketinggian pesawat, mengontrol
panel-panel kendali seperti keadaan mesin, bahan bakar, dan kecepatan. Komputer
juga digunakan untuk mengontrol pesawat ruang angkasa baik dengan awak maupun tanpa
awak ke planet dan mempelajari keadaan dan isi planet.
Dibidang
militer komputer digunakan untuk mengendalikan senjata atau peluru kendali.
Untuk navigasi kapal laut dan kapal selam, untuk melakukan simulasi peperangan,
dan melakukan pengiriman sandi-sandi rahasia militer.
Bidang
Kedokteran
Di
bidang kedokteran komputer sangat berperan untuk menolong jiwa manusia, dan
riset bidang kedokteran. Komputer digunakan untuk mendiagnosa penyakit,
menemukan obat yang tepat, menganalisa organ tubuh manusia bagian dalam yang
sulit dilihat. Sistem CAT (Computerized Axial Tomography) untuk menggambar
struktur otak dan mengambil gambar seluruh organ tubuh yang tidak bergerak
dengan menggunakan sinar-X. Sedangkan untuk yang bergerak menggunakan sistem
DSR (Dynamic Spatial Reconstructor), yaitu melihat gambar dari berbagai sudut
organ tubuh. SPECT (Single Photon Emission Computer Tomography), merupakan
sistem komputer yang mempergunakan gas radiokatif untuk mendeteksi
partikel-partikel tubuh yang ditampilkan dalam bentu gambar. Bentuk lain adalah
PET (Position Emission Tomography) juga merupakan sistem komputer yang
menampilkan gambar yang mempergunakan isotop radioaktif. Selain itu NMR
(Nuclear Magnetic Resonance), yaitu teknik mendiagnosa dengan cara
memagnetikkan nucleus (pusat atom) dari atom hydrogen. Saat ini telah ada
temuan baru yaitu komputer DNA, yang mampu mendiagnosis penyakit sekaligus
memberi obat.
Bidang
Kriminalitas
Komputer
dapat digunakan untuk Crime analaisis Support system, yaitu sistem pendukung keputusan
bidang kriminalitas. Polisi dapat mempelajari fakta dan mengambil kesimpulan
dengan cepat dan tepat, misalnya mendeteksi pelanggaran lalu lintas, melakukan
sidik jari, dan sebagainya. Sistem komputer lain yang digunakan untuk bidang
kriminalitas adalah :
PROMIS
(Prosecutor-Offender management Information System), yang dapat memberikan
informasi mengenai masalah-masalah kriminalitas mana yang paling penting dan
dapat memberikan informasi mengenai bukti-bukti dari tertuduh untuk dibawa ke
pengadilan.
CATCH
(Computer-Assisted Terminal Criminal Hunt), menyediakan informasi mengenai
deskripsi secara mendetail dari orang-orang yang dicurigai dan akan tampil di
layer komputer.
MOTION
(Metropolitan Orleans Total Information Online Network), menyediakan informasi
tentang orang-orang yang pernah terlibat kejahatan berupa data pribadi, nama
samaran, sidik jari, dan foto dari berbagai sudut.
ARJIS
(Automated Reginal Justice Information System), menyediakan informasi sidik
jari dan tingkah laku pelaku kriminal.
Bidang
Entertainment dan Games
Saat
ini komputer tidak saja digunakan pada bidang-bidang pekerjaaan dan penelitaian
saja. Namun banyak yang digunakan untuk bidang entertainment dan permainan (games).
Bidang
entertainment misalnya untuk pembuatan animasi, periklanan, settting, bahkan
untuk bermain musik. Di bidang Permainan komputer bisa digunakan untuk
permainan (games) tiga dimensi (3D) dilengkapi dengan audiovisual yang
menarik dan memberikan special efect. Bahkan kita dapat bermain dengan teman
dalam satu komputer. Atau kita bermain dengan lawan dari komputer itu sendiri,
misalnya bermain catur dan kartu.
Bidang
Komunikasi Jaringan Global (Internet)
Dengan
adanya komunikasi jaringan global pada komputer yang biasa disebut dengan
internet, rasanya manusia yang menggunakan internet seolah bisa “menggengam
dunia”. Segala sesuatu yang dibutuhkan tersedia pada internet baik yang gratis
maupun membayar. Dengan internet manusia bisa melakukan komunikasi data teks,
gambar, video, suara, bahkan komunikasi audiovisual secara langsung.
Bidang
Pemerintahan
Hampir
setiap perkantoran suatu instansi pemerintahan telah menggunakan komputer.
Penggunaannya mulai sekedar untuk mengolah data administrasi tata usaha,
pelayanan masyarakat (public services), pengolahan dan dokumentasi data
penduduk, perencanaan, statistika, pengambilan keputusan, dan lain sebagainya.
E-Government
adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara
Pemerintah dan pihak-pihak lain. Penggunaan teknologi informasi ini kemudian
menghasilkan hubungan bentuk baru seperti: G2C (Government to Citizen), G2B
(Government to Business Enterprises), dan G2G (inter-agency relationship). Bahkan
saat ini dengan adanya e-government, komputer memiliki peran yang sangat
penting bagi pemerintah untuk melakukan sosialisasi berbagai kebijakan,
melakukan pemberdayaan masyarakat, termasuk kerjasama antar pemerintah,
mayarakat, dan pelaku bisnis, memperkenalkan potensi wilayah dan pariwisata,
dan sebagainya.
Dimungkinkan
bahwa teknologi informasi dalam masa yang akan datang akan digunakan untuk
pengambilan keputusan politik, misalnya untuk pemilihan umum (E-voting) Selain
itu masyarakat bisa menyampaikan aspirasi secara langsung kepada para eksekutif
dan legislative pemerintah melalui e-mail atau elektronik forum melalui web
yang dibangun pemerintah setempat
Pengguna
internet bisa mencari informasi apa saja yang dibutuhkan misalnya ; informasi
berita, sekolah, buku dan perpustakaan, kencan dan perjodohan, belanja atau
pembayaran on-line, chatting, memutar radio, video, musik, bermain games,saling
menukar informasi dan data (mail), konsultasi dan Tanya jawab, pooling,
periklanan, dan bahkan merusak komputer orang lain dari jarak jauh, pesan kamar
hotel, tiket pesawat, dan sebagainya.
Dampak
Positif Dan Negatif Teknologi Informasi Dalam Pendidikan
Teknologi
Komunikasi (TIK) Informasi dan sebagai bagian dari ilmu pengetahuan dan
teknologi secara umum adalah semua teknologi yang berhubungan dengan
pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian
informasi. Dalam bidang pendidikan, ICT memiliki banyak peran.
Teknologi
informasi telah menjadi fasihan pengalihan buku, guru dan sistem pengajaran
yang sebelumnya konvensional. Penyebab Teknologi Informasi ilmu pengetahuan
dalam tumbuh dan berkembang. Namun, TIK juga memiliki dampak positif dan
negatif terhadap kehidupan, salah satu yang menonjol adalah di bidang
pendidikan.
Dampak Positif Teknologi
Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan
- Informasi yang dibutuhkan untuk menjadi lebih cepat dan lebih mudah dalam mengakses tujuan pendidikan.
- Inovasi dalam pembelajaran tumbuh di hadapan e-learning inovasi yang lebih memudahkan proses pendidikan.
- Kemajuan TIK juga akan memungkinkan pengembangan teleconference kelas virtual atau kelas yang berbasis yang tidak memerlukan pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
- Sistem administrasi pada lembaga pendidikan akan lebih mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
- Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber pengetahuan dan pendidikan pusat.
- Munculnya metode pembelajaran yang baru, yang memungkinkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi menciptakan metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi yang abstrak, karena materi dapat dibuat dengan bantuan teknologi abstrak.
- Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dan guru, tetapi juga dapat menggunakan layanan pos, internet dan lain-lain.
- Mengurangi lag dalam penggunaan TIK dalam pendidikan dibandingkan dengan negara-negara berkembang dan negara maju lainnya.
- Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pengembangan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.
- ICT sebagai sistem pendukung keputusan dalam dunia pendidikan. Guru meningkatkan kompetensi mereka dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan profil lembaga pendidikan yang diakui oleh Pemerintah.
- Berbagi hasil penelitian, penelitian yang dipublikasikan dalam internet akan mudah digunakan oleh orang lain di seluruh penjuru dunia dengan cepat.
- Konsultasi dengan ahli, konsultasi ahli di bidang undangan dapat dilakukan dengan mudah bahkan jika para ahli sangat banyak di tempat.
- Perpustakaan online, perpustakaan online adalah perpustakaan dalam bentuk digital.
- Diskusi online. Diskusi online adalah diskusi yang dilakukan melalui internet.
- Kelas online. Aplikasi kelas online dapat digunakan untuk lembaga-lembaga pendidikan jarak jauh, seperti universitas dan sekolah-sekolah terbuka. “Computer Aided Instruction” telah melihat sedikit peningkatan kinerja siswa pada pilihan ganda, pengujian standar di beberapa daerah. Computer Aided (atau dibantu) Instruksi (CAI), yang umumnya mengacu pada siswa belajar mandiri atau tutorial pada PC, telah terbukti sedikit meningkatkan nilai tes siswa dalam membaca dan matematika keterampilan atau mata pelajaran lain, meskipun apakah peningkatan ini berkorelasi dengan peningkatan yang signifikan dalam belajar siswa.
- TIK digunakan dalam mata pelajaran sekolah yang berbeda. Penggunaan ICT untuk simulasi dan pemodelan dalam sains dan matematika telah terbukti efektif, karena memiliki perangkat lunak pengolah kata dan komunikasi (e-mail) dalam pengembangan bahasa dan kemampuan komunikasi siswa.
- Akses luar sekolah mempengaruhi kepercayaan pengguna. Siswa yang menggunakan komputer di rumah juga menggunakan komputer di sekolah lebih sering dan lebih percaya diri daripada siswa yang tidak memiliki akses di rumah mereka.
Dampak Negatif Teknologi
Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan
Ada
biaya besar yang terlibat antara siswa miskin dan pendidikan yang bisa berakhir
menjadi kerugian. Hal ini sering disebut sebagai faktor kesenjangan digital.
Beberapa dampak negatif dari da Komunikasi Teknologi Informasi dalam
pendidikan, antara lain:
- Kemajuan TI akan semakin memudahkan pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) karena akses mudah ke data yang menyebabkan orang plagiatis akan melakukan kecurangan.
- Meskipun
sistem administrasi suatu lembaga pendidikan seperti sistem tanpa celah,
tetapi jika ada kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan
berakibat fatal.
Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (jangka pendek perhatian). - Tes Program kerahasiaan semakin terancam tes kecerdasan seperti tes Raven, Differential Uji bakat dapat diakses melalui compact disk. Implikasi dan masalah tes psikologis yang ada akan mudah bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan tingkat kebocoran melalui internet.
- Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak pidana. Kita tahu bahwa kemajuan di bidang pendidikan juga mencetak generasi e-book tinggi berpengetahuan tetapi moral yang rendah. Misalnya, dengan ilmu komputer yang tinggi maka orang akan mencoba untuk menerobos sistem perbankan dan lain-lain.
- Tidak membuat TI sebagai media atau sarana hanya dalam belajar, misalnya, kita tidak hanya men-download, tapi masih membeli buku cetak, tidak hanya mengunjungi perpustakaan digital, tetapi juga masih mengunjungi perpustakaan.
- Pertimbangkan penggunaan TI dalam pendidikan, khususnya bagi anak-anak yang masih berada dalam kendali sementara membuat pembelajaran dengan TI. Analisis pro dan kontra penggunaan.
- Mahasiswa dan kadang-kadang guru, bisa aspek adiktif teknologi, bukan isi pelajaran. Hanya karena topik dapat diajarkan melalui TI, itu tidak berarti bahwa itu diajarkan secara efektif melalui TI. Bahkan jika subjek dapat diajarkan secara efektif melalui TI, dan ada uang yang tersedia, itu tidak berarti bahwa selalu ada manfaat untuk itu. Ada banyak penelitian atau studi yang dilakukan untuk melihat dan melihat apakah penggunaan TIK dapat meningkatkan pembelajaran.
- Perlu untuk tujuan yang jelas. TI dipandang kurang efektif (atau tidak efektif) saat tujuan penggunaannya tidak jelas. Seperti untuk menggunakan internet untuk mencari video porno saat menggunakan komputer di sekolah.
0 komentar:
Posting Komentar